OPINI OPINI OPINI OPINI

Pdt. Situru S.Th
Ketua Klasis GKI Nabire, Paniai, Puncak Jaya

Saya sangat menghargai keberadaan Yayasan Pesat yang melayani bidang pendidikan dengan pola asrama, mengingat kondisi masyarakat Papua yang kurang memadai ditambah lagi kesadaran akan pentingnya pendidikan masih rendah. Saya melihat pendidikan dengan pola berasrama adalah jawaban bagi anak-anak Papua, sebab dengan pola ini mereka dapat memperoleh pendidikan , etika dan kerohanian yang baik.

Harapan saya kedepan, anak-anak di bekali dengan keterampilan-keterampilan berkarya. Sehingga nantinya dengan keterampilan-keterampilan ini anak-anak dapat membantu pengasuh asarama, orang tua, serta masyarakat, terlebih lagi mereka akan hidup mandiri.

Dalam mencari tenaga pengajar dan pengasuh asrama, Yayasan harus mengadakan pemilihan secara selektif guna mencari guru-guru yang berkwalitas, baik secara ilmu akademis maupun kerohanian. Terlebih lagi memiliki hati untuk melayani di Papua dengan sungguh-sungguh.

Pdt. Elli Gunto Asa
Gembala GBI Bethany Karangt Mulia Nabire

Yayasan Pesat yang ada sekarang ini sudah sangat baik, tetapi jangan langsung puas dengan apa yang telah diraih saat ini, masih banyak hal yang harus ditingkatkan, jadi harus berjuang lebih lagi untuk memberi yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan di tanah Papua.

Harapan saya kedepan, Yayasan Pesat lebih konsentrasi lagi dalam mengusahakan kesejahteraan komunitasnya, terutama untuk guru-guru dan para pengasuh asrama karena sebagai manusia mereka masih membutuhkan kesejahteraan secara materi. Kemudian setelah Acara HUT Pendidikan 10 tahun ini, saya berharap ada perubahan dalam sturktur organisasi, manajemen dan juga adanya kantor . Karena sudah banyak orang yang mengenal Pesat tetapi tidak semua orang tau bagaimana Pesat sebenarnya.

Isac Logof
Lurah Kalibobo - Nabire

Selaku wakil pemerintah yang ditunjuk sebagai Lurah di Kalibobo dimana Sekolah dan Asrama Yayasan Pesat berada, saya melihat pendidikan dengan pola asrama sudah sangat bagus. Yayasan ini menampung anak-anak dari pedalaman, yang di didik dengan baik secara iman Kristiani. Yayasan ini juga membantu masyarakat Papua yang tidak mampu. Saya sangat setuju kalau pola pendidikan di Papua dibuat dengan bentuk Asrama. Mengingat kondisi lingkungan di daerah ini masih sangat bebas,. Jadi jika ada Asrama maka dengan sendirinya anak-anak ini akan terbiasa untuk hidup disiplin.

Harapan saya, pelayanan ini mendapat dukungan dari Pemerintah dan Masyarakat supaya lebih baik lagi. Saya menyadari dari pemerintah desa kami belum bisa memberikan dukungan yang maksimal, selama ini kami hanya membantu kemudahan untuk 300 kg raskin, itupun pasti masih belum cukup. Karena Asrama sudah bertambah, maka sebagai Lurah saya menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten agar memperhatikan hal ini.

J.V. Marino
Koordinator Pengawas Sekolah TK, SD, SDLB
Dinas P&P Kab. Nabire

Sejak Papua kembali ke NKRI, Pemerintah beserta masyarakat telah berupaya sedemikian rupa membangun Papua dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan melalui Departemen Pendidikan. Peran serta yayasan atau lembaga yang menyelengarakan sekolah swasta sangat membantu perkembangan pendidikan, ada begitu banyak yayasan atau lemabaga swasta yang bergerak dibidang pendidikan. Termasuk Pesat Nabire yang memiliki peranan sangat penting dalam dunia pendidikan di Nabire dan Papua. Sungguh pelayanan ini memiliki perkembangan yang menggembirakan baik secara jumlah murid, fasilitas dan sarana, serta guru yang mengajar, semua sangat memadai secara kualitas maupun kwantitas. Kemandirian Yayasan ini tidak diragukan lagi, hal ini terbukti dengan hadirnya TK Cenderawasih di Pedalaman Sugapa.

Harapan saya, Pesat Nabire tidak puas sampai disini, tetapi harus memacu diri untuk mewujudkan visi dan misi. Selanjutnya saya menyarankan, agar Pesat Nabire mengupayakan sekolah kejuruan yang lulusannya siap memajukan dan mengolah sumber daya alam Papua yang melimpah ini.

Drs. Soedarsono
(Salah seorang yang sudah cukup lama tinggal di Nabire)

Pelayanan Pesat dibidang Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan akan menentukan masa depan tanah ini, sebab dengan Pendidikan yang baik maka akan terjadi peningkatan kwalitas SDM yang berdampak pada kemajuan disemua aspek kehidupan masyarakat Papua. Memang di Nabire ada begitu banyak lembaga atau yayasan lain yang juga bergerak dibidang Pendidikan, tetapi apa yang dilakukan Pesat sungguh menjadi jawaban bagi Papua, dengan Pendidikan berpola Asrama anak-anak akan mendapat didikan sepenuhnya, tidak hanya disekolah tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Hal Ini adalah sumbangsih terbesar untuk mencerahkan masa depan Papua.

Dirgahayu Pesat, kiranya pelayanan dan tugas yang diemban dari Tuhan terus berkesinambungan sampai kita semua dapat melihat indahnya fajar pendidikan di tanah Papua ini. Tuhan memberkati.

Agus Tatogo
Ketua Penasehat Dewan Kesenian Nabire

Saya sangat mendukung Pelayanan Pesat Nabire, karena langsung berhubungan dengan peningkatan SDM di Papua. Apalagi dengan sekolah berpola Asrama, mengingat orang tua di Papua pada umumnya masih banyak yang membiarkan anak-anaknya begitu saja, sehingga anak tidak terkontrol. Sementara pengaruh lingkungan atau pola hidup di Papua masih buruk.

Harapan saya, kedepan Pesat jangan hanya terpaku pada pendidikan formal saja. Pengajaran moral dan etika harus terus ditekankan lebih kuat lagi, hal ini untuk mengimbangi pertumbuhan kerohanian yang sudah ditanamkan dengan baik. Selain itu anak-anak juga perlu diajar untuk melestarikan adat budaya Papua, karena sebagai etnis Papua mereka memiliki tanggung jawab untukhal itu. Semua ini pasti bisa dilaksanakan tanpa harus meninggalkan Visi dan Misi Pendidikan Pesat nabire.

Selamat ulang tahun dan Tuhan Yesus memberkati.

 


Copyright ® 2005 www.anakindonesiamembangun.org